07 Okt

Polimarim Terima SK Pembukaan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal dari LLDIKTI Wilayah IX

MAKASSAR – Tahun 2022 ini, menjadi momen penting bagi Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim). Pasalnya tiga program studi (prodi) baru hadir di kampus vokasi yang beralamat di Jalan Nuri Baru No 1 Makassar ini.

Dan prodi ketiga yang resmi dimiliki Polimarim AMI adalah Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK).

Hadirnya prodi tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Mendikburistek No 239/D/OT/2022 tentang pembukaan prodi tersebut kepada Direktur Polimarim Dr. H. Amrin Pettarani SE, MM, di kantor LLDikti Wilayah IX, Jumat (7/10/2022).

SK tersebut diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara (Sultan Batara) Drs. Andi Lukman, MSi mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Selamat untuk Polimarim yang kembali menerima SK dari Kemendikbud Ristek untuk program sarjana terapan D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal,” kata Andi Lukman.

Andi Lukman mengonfirmasikan, prodi baru ini merupakan satu-satunya di Indonesia timur. Memang ada beberapa kampus vokasi punya prodi TRPK, tapi semua di Pulau Jawa.

Selain itu, Andi Lukman memuji kepemimpinan Direktur Polimarim Amrin Pettarani yang membawa kampusnya semakin maju.

“Kampus Polimarim kian hari semakin maju. Hal ini tidak lepas dari kepemimpinan Pak Direktur (Amrin Pettarani). Pandai melihat peluang dan kesempatan untuk kemajuan kampus,” tegasnya.

“Seperti mengubah kampus dari akademi menjadi politeknik, kemudian membuka prodi-prodi baru. Sejak dipimpin Pak Amrin, bertambah 4 prodi. Lalu seperti Prof Jasruddin (Kepala Lldikti periode 2018-2022) juga diajak bergabung,” tandasnya.

Hadir menyaksikan penyerahan SK tersebut, sejumlah pejabat dari lingkup LLDikti Wilayah IX, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Karya Dharma (YPTKD), rektor UPRI, para wakil direktur Polimarim AMI, dosen, pegawai LLdikti, serta tamu undangan.

Pembukaan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal juga dibarengi dengan SK Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan No: 6485/SK/BAN-PT/Ak.P/STr/IX/2022. Isinya pemenuhan syarat peringkat akreditasi dibukanya prodi baru ini.

Target Tambah 3 Prodi

Amrin menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya dengan keluarnya SK pembukaan prodi D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal ini.

“Alhamdulillah, target kita tahun 2022 ini menambah tiga prodi baru tercapai. Terima kasih untuk Kemendikbudristek, Kepala LLDikti IX dan semua jajarannya,” ujarnya.

Dengan hadirnya prodi baru ini, Polimarim AMI Makassar saat ini mengelola tujuh prodi. Prodi
yang sudah ada sebelumnya, yakni D3 Manajeman Pelabuhan, D3 Studi Nautika, D3 Permesinan Kapal, dan D4 Transportasi Laut.

Kemudian, di bulan Juli 2022, Polimarim juga telah menerima SK dengan Nomor 161/D/OT/2022 untuk pembukaan Prodi D4 (Sarjana terapan) Bisnis dan Logistik Maritim.

Lalu pada April 2022 lalu, Polimarim menerima SK dari Kemendikbud Ristek untuk Program Diploma III (D3) Program Studi Manajemen Logistik.

Tak berhenti sampai di situ, Amrin menargetkan hingga periode masa tugasnya sebagai direktur berakhir pada tahun 2024 mendatang, akan ada lagi tiga tambahan prodi, sehingga cukup 10 prodi.

Karenanya, ia meminta kepada LLDikti Wilayah IX untuk tidak bosan-bosan memberikan arahan, nasihat serta bimbingan kepada Polimarim.

“Kami tak akan berhenti dengan tambahan tiga prodi di tahun 2022 ini. Tahun depan kami akan mengusulkan dua prodi lagi dan semoga bisa membuka program magister (S2),” ujar Amrin.

Selintas program studi yang akan diusulkan tahun 2023 disebut Amrin yakni Program Sarjana Terapan (D4) Teknik Manajemen Risiko. Lalu Program Studi Magister Terapan Pemasaran, Inovasi dan Teknologi.

“Doakan kami mampu membuka program magister terapan. Dan untuk Kepala Lldikti, jangan segan-segan menegur kami jika ada yang tidak tepat dari kami,” jelas Amrin.

Penambahan prodi baru, diakui Amrin sebagai suatu kemajuan kampus yang dipimpinnya dan bukti dari kerja keras bersama.

”Apa yang ada sekarang merupakan sebuah keberhasilan, yang dulunya dianggap tidak bisa dikembangkan. Karena itu, sebelum 2024 saya berharap kita bisa 10 prodi dan menghadirkan S2 di kampus ini,” tandas Amrin.

Semua Prodi Berkaitan

Lebih jauh, Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman, menjelaskan semua prodi yang dimiliki Polimarim saling berkaitan satu dengan lainnya.

Ada studi nautika, permesinan kapal, manajemen pelabuhan, transportasi laut, hingga bisnis logistik yang semua mengarah ke maritim. Belum lagi prodi baru teknologi rekayasa permesinan kapal.

Lukman pun penyebut kemajuan Polimarim dipengaruhi kepemimpinan yang kuat, dan hal itu ada pada direktur saat ini. Ia berharap direktur tidak pernah melepas perhatiannya.

“Kampus ini adalah PT vokasi kepelautan yang berkembang besar. Apalagi kini eranya pendidikan vokasi. Bahkan lulusan akademik harus rasa vokasi. Karena lulusan vokasi siap pakai dan memiliki keterampilan yang bisa diandalkan,” terang Andi Lukman.

Ia juga memberi apresiasi kepada Polimarim, karena alumninya masa tunggu bekerja yang sangat singkat.

Lulusan memiliki sertifikat kompetensi sehingga cepat mendapat pekerjaan yang layak. Dan hal ini menjadi indikator keberhasilan sebuah kampus.

Orangtua memasukkan anaknya kuliah, salah satu alasan kuatnya adalah agar pekerjaannya terjamin.

Kepada tenaga kependidikan di Polimarim AMI, Andi Lukman mendorong mereka untuk menjadi doktor dan mendapatkan sertifikasi dosen.

Dinaungi 2 Kementrian

Kampus Politeknik Maritim AMI Makassar merupakan perguruan tinggi vokasi yang dinaungi dua kementerian, Kementerian Perhubungan Ditjen Perhubungan Laut dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ditjen Pendidikan Vokasi.

Polimarim sebelumnya bernama AMI Veteran Makassar (berdiri 1 September 1963) yang kemudian mengalami perubahan bentuk lembaga dari akademi menjadi politeknik pada tahun 2016.

Kampus pencetak tenaga kepelautan tersebut menjadi Politeknik Maritim AMI Makassar sejak diterimanya SK dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bernomor 128/KPT/I/2016.

Dahulunya, perguruan tinggi AMI Veteran Makassar beralamat di Jl Gunung Latimojong. Sejak awal 2000-an berpindah ke Jalan Nuri Baru No 1, Makassar.

Polimarim diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Karya Dharma disingkat YPTKD berkedudukan di Kota Makassar.

Saat ini, Polimarim mengelola tujuh program studi. Yakni D3 Studi Nautika, D3 Permesinan Kapal, D3 Manajemen Pelabuhan, D3 Manajemen Logistik.

Kemudian tiga Program Sarjana terapan yaitu D4 Transportasi Laut, D4 Bisnis & Logistik Maritim, D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This field is required.

This field is required.